Awardee LPDP IPB Buka Jendela untuk Anak Yatim

Awardee Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali menyelenggarakan kegiatan pengabdian yang bertajuk Jendela (jelajah dan edukasi di alam terbuka), Minggu (29/ Oktober / 2017). Kegiatan Jendela yang merupakan rangkaian program kerja divisi Pengabdian Masyarakat ini melibatkan anak yatim di lingkar kampus IPB sebagai sasaran kegiatan.

Acara yang diselenggarakan di Lapangan Unit Rehabilitasi Reproduksi (URR) Fakultas Kedokteran Hewan tersebut setidaknya diikuti 33 anak yatim dengan rentang usia 6 – 12 tahun. Panitia pelaksana Jendela mengusung konsep pendidikan lingkungan dalam rangka peringatan sumpah pemuda dan maulid nabi. Berbagai kegiatan yang dilangsungkan pada acara ini diantaranya pengenalan hewan ternak, latihan berkuda, latihan panahan, pengenalan pahlawan nasional, kelas inspirasi dan motivasi, serta berbagai games edukatif lainnya.

“Pendidikan lingkungan dalam hal ini kita pandang dalam arti luas yang tidak hanya berhubungan dengan ekosistem secara langsung. Tetapi bagai mana kita mengajarkan kepada adik-adik kita peka terhadap kondisi lingkungan sosialnya, misalnya mengfhargai jasa pahlwannya dan menjadikan mereka sebagai inspirasi dan motivasi” Ungkap Fauzi Abdillah selaku ketua panitia Jendela.

Lebih lanjut, mahasiswa program studi Ekonomi Sumberdaya Lingkungan ini berharap kegiatan Jendela yang diikuti adik-adik yatim bisa diajak untuk mengenal materi di sekolah langsung bersinggungan dengan alam, menanamkan jiwa optimis, memberi motivasi, dan inspirasi dari setiap rangkaian kegiatan yang ada.

Salah satu nilai dan budaya LPDP yang dijujung tinggi di divisi pengabdian masyarakat dalam mengembangkan program kerja adalah sinergi. Sinergi ini membangun hubungan kerjasama internal maupun kemitraan yang produktif dan harmonis ke berbagai pihak, termasuk komunitas anak yatim di lingakar kampus IPB. Selain bersinergi dan membuka kesempatan berbagi dengan anak-anak yatim tersebut, kegiatan jendela juga terselenggara akibat kerjasama berbagai pihak yang mendukung acara ini. Sebut saja Humas IPB, Yayasan Ar-rohman (komunitas yatim Desa Cikarawang Bogor), Equestrian Club IPB (UKM Berkuda dan pecinta kuda), komunitas panahan Al-Hurriyah IPB,  The Atjeh Connection Resto and Coffe dan berbagai donator yang terus memberi support yang tiada henti.

Masih rangkaian acara Jendela, dalam meningkatkan pengetahuan tentang literasi, panitia Jendela juga pada akhir acara memberikan donasi buku bacaan dan berbagai perlengkapan sekolah. Donasi buku tersebut didapat dari penggalangan dan sumbangan buku dari awardee LPDP IPB dan umum.

Sebagai informasi tambahan bahwa kegiatan jendela ini meruakan salah satu item program kerja Riset-Aksi. Program kerja besar tersebut selain Jendela juga telah melakukan berbagai kegiatan pengabdian di daerah lingkar kampus yaitu diantaranya wawancara dan survey usaha. Program ini bertujuan untuk membantu Yayasan Ar-rohman mengidentifikasi usaha yang akan dikembangkan para komunitas janda di desa Cikarawang, kegiatan survey tersebut dilakukan atas kerjasama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Selain itu dalam tindak lanjutnya tim Riset-Aksi telah membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) atau sistem pengajuan dana jika dana dari Baznas telah cair. (nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *