Green Cimanggu City II, Aksi Nyata Awardee

Pagi tadi tengah berlangsung suatu kegiatan pengabdian bertema penghijauan lingkungan di komplek perumahan Bukit Cimanggu City. Kegiatan yang familiar disebut GCC alias Green Cimanggu City ini merupakan serangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Awardee LPDP IPB bekerja sama dengan warga Taman Chrysan Bukit Cimanggu City Bogor. GCC memiliki 3 kegiatan utama, yakni Takakura, Hidroponik dan Biopori. Takakura merupakan program pembuatan pupuk organik yang mengadopsi metode dr Jepang. Tujuan dr Takakura yakni untuk mengolah sampah rumah tangga menjadi pupuk organik. Kegiatan Takakura sudah dilaksanakan sejak bulan Februari 2017. Beberapa rumah tangga berhasil menerapkan metode pengomposan ini, namun beberapa yang lain masih gagal dalam melakukannya. Penyebabnya beragam, mulai dari pemisahan jenis sampah yg kurang maksimal, lokasi penyimpanan keranjang yg terlalu lembab, hingga frekuensi pengadukan sampah yg tidak dilakukan scra rutin.

Berikutnya yaitu program Hidroponik dan Biopori. Kedua program ini dilaksanakan pagi tadi oleh para bapak, ibu, dan anak RT setempat didampingi oleh awardee LPDP IPB. Kegiatan dimulai pukul 07.40 dengan pembukaan oleh Dirut LPDP, Bapak Eko Prasetyo, selaku Ketua RT setempat. Kemudian dilanjutkan dg pemaparan materi Hidroponik oleh pemilik usaha Creative Agriculture Management (CAM), yakni Arijuddin Yusuf Wananto. Beliau merupakan alumni IPB dari jurusan Agronomi dan Hortikultura angkatan 2012 yg telah menekuni hidroponik sejak tahun 2015. Ari berhasil mengedukasi masyarakat dengan penjelasannya yg sangat menarik didukung dengan tampilan display hidroponik yg sangat menarik perhatian warga. Setelah paham akan teorinya, warga diajak langsung untuk praktik membuat hidroponik. Model hidroponik yang dipraktikkan yaitu wick atau hidroponik dengan sistem statis tanpa ada aliran air. Warga sangat bersemangat membuat hidroponik bahkan tak cukup demikian warga juga langsung membeli beberapa alat dan benih tanaman untuk membuat hidroponik di rumah masing-masing.

Sementara ibu-ibu melangsungkan praktek pembuatan hidroponik, juga tengah dilaksanakan penghijauan oleh bapak-bapak warga Bukit Cimanggu bersama Awardee LPDP IPB. Sinergi warga dan mahasiswa ini terlihat dari penggalianubang tanam hingga penanaman berbagai jenis pohon di sekitaran TPS (tempat pembuangan sementara) Bukit Cimanggu. Pohon yang ditanam berbagai jenis baik dari pohon berkayu seperti jati, jabon, jati putih, hingga pohon berbuah seperti jambu, sukun, dan sirsak.

Kegiatan penghijauan tidak hanya sampai disitu, para Awardee LPDP IPB juga memberikan edukasi pada warga tentang teknologi tepat guna dalam mengatasi banjir dan pengolaan sampah organik yang efesien. Teknologi yang dimaksud adalah alat bor biopori yang bisa di aplikasikan langsung di perumahan Bukit Cimanggu City untuk mencegah genangan air dan memanfaatkan sampah dapur menjadi kompos. Selain mengedukasi warga, juga langsung praktek penerapan lubang resapan biopori (LRB) di sekitaran jalan Cimanggu City untuk beberapa sampel.

Kegiatan sosial yang bertajuk Green City ini berakhir pukul 11.30 dan diakhiri dengan makan siang bersama warga dan foto bersama ketua RT Bukit Cimanggu City.

 

Special thanks to:

Panitia Green Cimanggu City II, Divisi Pengabdian masyarakat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *