Musyawarh Besar III Awardee LPDP IPB

WELCOME NEW LEADER!

Tak terasa satu periode kepengurusan telah usai, pemimpin lama akan segera terganti dengan pemimpin baru. Kepengurusan Awardee LPDP IPB 2016-2017 kini telah menyelesaikan masa tugasnya dibawah komando Dedy Darmansyah (Agribisnis angkatan 2015), dan kini  pemimpin baru pun ditunggu untuk melanjutkan estafet kepengurusan.

Mengusung tema “Welcome New Leader: Bersinergi, Mengabdi untuk Melayani”, Musyawarah Besar III Awardee LPDP IPB dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 April 2017 berlangsung selama pukul 08.00 sampai 17.00 WIB di Gedung Kuliah (GK) A, Departemen Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian IPB.

Pembukaan acara Musyawarah Besar III dipandu oleh Nurkhalis (Manajemen Ekowisata dan Jasa Lingkungan angkatan 2016), suasana semangat sangat dirasakan saat peserta menyanyikan lagu wajib nasional Indonesia Raya dan Mars LPDP, kemudian laporan Ketua Panitia Ahyar (Ilmu Kelautan angatan 2015) dan dibuka dengan resmi oleh Plt. Awardee LPDP IPB 206/2017 La Ode Wahidin (Ekonomi Sumberdaya Kelautan angkatan 2015) dan akhiri dengan doa yang disampaikan dengan khidmat oleh Fauzi Abdillah (Ekonomi Sumberdaya Lingkungan angkatan 2016).

Pembukaan oleh MC

Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars LPDP

Seusai pembukaan MC maka masuklah ke acara inti yaitu proses persidangan. Proses persidangan awalnya dipandu oleh presidium sidang 2016, La Ode Wahidin (Ekonomi Sumberdaya Kelautan angkatan 2015) , Maulidil Fajri (Silikultur Tropika angkatan 2015) dan Diyah Kusumawardani (Agronomi dan Holtikultura angkatan 2015), untuk memilih dan menetapkan presidium sidang baru. Presidium sidang mempersilahkan tiga orang peserta untuk mengajukan diri menjadi prsesidium sidang yang baru, hingga terpilih dan ditetapkan Nurul Hidayati (Biologi Tumbuhan angkatan 2015), Ria Hayatun Nur (Statistika angkatan 2016) dan Fauzi Abdillah (Ekonomi Sumberdaya Lingkungan angkatan 2016) sebagai presidium sidang.

Presidium sidang MUBES III

Persidangan terdiri dari beberapa agenda, dimana agenda I adalah pembahasan tata tertib persidangan. Agenda persidangan dipimpin oleh presidium sidang I (Nurul Hidayati) dan diikuti dengan antusias oleh peserta sidang, salah satu pasal yang disorot adalah pasal mengenai hak dan kewajiban peserta. Peserta persidangan meminta agar hak peserta, terutama hak suara, tidak dibatasi hanya karna belum membayar uang kas. Setelah pembahasan cukup lama, presdium sidang I menetapkan tata terib MUBES III. Kemudian dilanjutkan ke agenda berikutnya yaitu pembahasan AD/ART yang dipimpin oleh presidium sidang II (Ria Hayatun Nur). Agenda ini juga diikuti dengan penuh antusisas oleh peserta. Beberapa masukan penting dan perdebatan mewarnai agenda persidangan ini dan menghasilkan beberapa perbaikan positif pada konten AD/ART. Menjelang pukul 16.00 WIB hasil pembahasan AD/ART pun ditetapkan oleh presidium sidang.

Proses persidangan

Setelah AD/ART ditetapkan maka tibalah masanya pengurus Awardee LPDP IPB periode 2016/2017 maju untuk membacakan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) kepengurusan. Kepengurusan 2016/2017 diwakili La Ode Wahidin sebagai Plt. Koordinator didampingi oleh Maulidi Fajri dan Diyah Kusumawardani sebagai sekretaris. La Ode Wahidin mempresentasikan setiap aspek mengenai kepengurusuan mereka mulai dari presentase keberhasilan pelaksanaan program kerja, kondisi keuangan dan inventaris yang akan diwariskan kepada kepengurusan selanjutnya. Dalam sesi tanya jawab, kebanyakan peserta bertanya mengenai kendala-kendala yang menyebabkan beberapa proker tidak berhasil dilaksanakan dan meminta beberapa saran-saran untuk kepengurusan kedepannya. Pengurus pun memberi beberapa saran dan rekomendasi program kerja untuk kepengurusan selanjutnya. Tidak sulit bagi pengurus ini untuk meyakinkan peserta untuk menerima LPJ mereka, karena harus diakui bahwa laporan disajikan dan dipresentasikan dengan detail dan tidak terdapat kesalah berarti dalam kepengurusan.

Setelah laporan pertanggung jawaban dinyatakan diterima dan membacakan surat keputusan, predisium sidang pun meminta semua pengurus Awardee LPDP IPB 2016/2017 untuk maju dan membacakan surat keterangan demisioner dan dengan dibacakan surat tersebut maka pengurus Awardee LPDP IPB 2016/2017 dinyatakan demisioner. Tepuk tangan meriah pun terdengar di dalam ruang sidang.

Proses pembacaan LPJ Pengurus 206/2017

Pengurus Awardee LPDP IPB periode 2016/2017 demisioner

Setelah pembacaan LPJ, masuklah pada agenda persidangan yang dinanti-nanti yaitu pemilihan koordinator Awardee LPDP IPB yang baru dengan persidangan dipimpin oleh presidium sidang III (Fauzi Abdillah). Agenda sidang ini dimulai dengan meminta bakal calon koordinator yang telah lulus uji kriteria bakal calon Koordinator Awardee LPDP IPB, yaitu Taufik Arianto (Biologi Tumbuhan angkatan 2016) dan Dadang Firmansyah (Manajamen angkatan 2016).

Proses pemilihan ini dimulai dengan pengambilan nomor urut oleh kedua calon koordinator, dimana nomor urut 1 adalah Dadang Firmansyah dan nomor urut 2 adalah Taufik Arianto. Setelah itu, mereka secara bergantian membacakan CV dan visi-misi masing-masing. Usai pemaparan visi-misi, presidium sidang meminta kedua calon tersebut untuk saling melobi agar tidak dilakukan proses pemilihan secara voting. Namun sepertinya kedua kandidat tetap optimis untuk mencalonkan diri sebagai koordinator. Maka diputuskan untuk melakukan pemilihan secara voting.

Pengambilan nomor urut dan pembacaan visi-misi calon koordinator

Proses pemilihan diiukuti oleh 97 orang peserta berdasarkan absensi yang diisi oleh peserta. Satu persatu dari mereka maju untuk memilih calon pilihan mereka di bilik suara. Setelah semua peserta telah menggunakan hak suara mereka, sampailah pada proses perhitungan suara. Presidium sidang membacakan pilihan peserta satu per satu berdasarkan surat suara, selama proses pembacaan suasana tegang sangat terasa diantara para peserta.

Proses pemilihan dan pembacaan rekapitulasi surat suara

 

Berdasarkan hasil perhitungan surat suara diperoleh hasil rekapitulasi sebagai berikut:

Nomor urut I (Dadang Firmansyah) sebanyak 22 suara

Nomor urut II (Taufik Ariyanto) sebanyak 75 suara

Berdasarkan rekapitulasi surat suara maka sudah jelas bahwa Taufik Ariyanto terpilih sebagai Koordinator Awardee LPDP IPB 2017-2018. Gemuruh tepuk tangan peserta mengiringi pembacaan surat keterangan penetapan Taufik Arianto sebagai koordinator yang baru. Selamat kepada taufik Arianto, selamat mengemban amanah baru.

Foto bersama koordinator terpilih Taufik Arianto

Thanks to:

Panitia Musyawaha Besar III Awardee LPDP IPB 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *