RAMADHAN BERBAGI BERSAMA AWARDEE “RABBANI”

Perbanyak sumber kebahagiaanmu

Seseorang pernah berkata, bahwasannya kebahagiaan tidak hanya berasal dari apa yang kita miliki, dari apa yang kita terima, namun pula dari apa yang kita beri. Saat salah satu sumber kebahagiaan kita hilang ataupun habis atas sesuatu yang kita miliki, maka tak ada lagi sumber kebahagiaan lain. Namun akan berbeda halnya ketika kita punya banyak sumber kebahagiaan dan hal tersebut dapat kita dapatkan dengan membagi kebahagiaan kepada orang lain. Saat kita mampu menciptakan kebahagiaan orang lain, maka itulah kebahagiaan yang sesungguhnya. Maka perbanyak lah sumber kebahagiaan kita agar saat salah satunya hilang, kita masih punya banyak sumber kebahagiaan yang lain.

Bulan Suci Ramadhan. Bulan waktunya menimba berkah, bulan menimba pahala melimpah. Inilah saatnya kita perbanyak amal ibadah, perbanyak manfaat bagi sesama, dan perbanyak sumber kebahagiaan kita.

RABBANIRamadhan berbagi bersama awardee”, ialah sebuah kegiatan yang digagas oleh Pengurus Awardee LPDP IPB khususnya divisi Pengabdian Masyarakat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Panti Asuhan Raksa Putra, Sindangbarang, Bogor pada Sabtu, 10 Juni 2017. Kegiatan berbagi ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan rasa kepedulian sosial awardee terhadap sesama, menebar kebermanfaatan, dan mencetak kebahagiaan untuk semua.

 

Persiapan dan Pembukaan Acara

Kegiatan Rabbani dilaksanakan di sebuah aula yang tersedia di Panti Asuhan Raksa Putra. Acara ini dihadiri oleh 54 awardee dan 30 orang peserta dari panti asuhan. Acara dipandu oleh Awardee LPDP IPB, saudara Khoirul Anwar. Acara diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh salah seorang peserta dari panti Asuhan Raksa Putra. Pembacaan ayat cinta dari Allah swt tersebut menambah khidmat dan sangat menyejukkan hati. Agenda selanjutnya yaitu sambutan dari Koordinator Awardee LPDP IPB, Taufik Arianto sebagai perwakilan awardee LPDP IPB untuk menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan Rabbani.

 

 Marawis Panti Raksa Putra & Tim Akustik Awardee LPDP IPB

Seusai sambutan, acara dilanjutlkan dengan penampilan marawis dari teman-teman panti. Iringan alat musik dan lagu islami yang dihantarkan sangatlah menyentuh dan membuat acara semakin hangat. Saat itulah terpancar semangat dan kebahagiaan dari wajah-wajah polos mereka. Kebahagiaan yang mungkin terlihat di balik kepiluan hati. Kebahagiaan yang muncul karena besarnya rasa syukur, rasa cinta kepada Allah swt karena hingga saat ini mereka masih dapat menjalani hidup Bersama. Penampilan selanjutnya adalah akustik dari awardee (Engka Rukmana, Anggra Alfian, Radifa dan Dori ). Lagu yang dilantunkan berjudul “Kun anta”. Lagu yang sudah tidak asing, hingga hampir seluruh peserta ikut bernyanyi dan menambah semarak acara yang sedang berlangsung.

Kelas Inspirasi dan Kuis Berhadiah

Disamping itu, dalam kegiatan ini juga terdapat kelas inspirasi .Kelas inspirasi merupakan rangkaian acara Rabbani sebagai salah satu ruang untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman Awardee. Kelas inspirasi tersebut diisi oleh salah seorang awardee yaitu Ria Hayatun Nur. Ria menyampaikan materi yang bertemakan tentang “Motivasi Mempelajari dan Menghafal Al Qur’an”. Banyak cerita tentang sejarah Al Qur’an yang disampaikan dan cukup menggugah antusiasme peserta terutama teman-teman panti di antaranya ditandai dengan aktifitas tanya jawab yang berlangusng ramai. Beberapa peserta dari panti pun mendapat apresiasi dari panitia atas keaktifan dalam menjawab beberapa pertanyaan yang disampaikan. Pesan lain yang disampaikan pada kelas inspirasi ini adalah mengenai “Empat macam luar biasa” yaitu dipaksa, terbiasa dipaksa, kebiasaan dan  luar biasa. Selain itu, Ria juga menyampaikan bahwa sesungguhnya ada nilai kegagalan yang lebih besar dari kesuksesan.

Kuliah Tujuh Menit (Kultum)

Waktu tersisa sebelum berkumandangnya adzan maghrib diisi dengan penyampaian kultum (kuliah tujuh menit) oleh Halim Khannaz yang juga awardee LPDP IPB. Halim menyampaikan kultum dengan tema “Mensyukuri Nikmat Allah”. Penyampaian kultum tersebut memberikan banyak inspirasi dan kesadaran bagi peserta bahwa sesungguhnya nikmat yang telah dilimpahkan Allah swt kepada kita tidak mampu kita hitung. Hal tersebut dianalogikan dengan “Meski ranting pohon diibaratkan sebagai pena dan air di lautan sebagai tinta,  tidak akan cukup untuk kita menuliskan nikmat-nikmat dari sang Maha Kuasa, Allah swt”.

Suasana Buka Puasa Bersama

Kultum segera diakhiri setelah waktu berbuka puasa tiba. Seluruh peserta bergegas mengambil konsumsi takjil yang telah disediakan oleh panitia. Setelah menyantap makanan dan minuman takjil, seluruh peserta bersama-sama berwudhu dan sholat maghrib berjamaah.

Pemberian Buku “Coretan Pena Sang Pemimpi, Kumpulan Kisah Penerima LPDP dari Pelosok Negeri”

Acara tidak berakhir hingga sholat maghrib. Rangkaian berikutnya yaitu santap makan bersama dan simbolisasi penyerahan donasi, buku Inspirasi dan cindera mata dari awardee LPDP IPB kepada pihak Panti Asuhan Raksa Putra. Simbolisasi tersebut ditandai dengan foto bersama perwakilan awardee dan panti asuhan.

Pemberian Bantuan Donasi, Cinderamata dan Kenang-kenangan

Sambutan dan Doa oleh Perwakilan Panti Raksa Putra

Do’a penutup yang disampaikan oleh salah satu pengasuh di panti asuhan sangat menambah kekhidmatan acara yang berlangsung. Banyak harapan yang ingin diwujudkan dan permohonan kepada Allah swt agar segala yang telah dilakukan dapat menambah berkah di bulan Ramadhan ini. Selain itu, perwakilan panti asuhan juga mengutarakan ucapan terimakasih kepada panitia dan seluruh awardee serta semua yang telah ikhlas menyampaikan donasinya kepada teman-teman di panti suhan tersebut.  setelah itu, acara pun ditutup oleh pemandu acara dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

 

Foto Bersama Pengurus Awardee LPDP IPB dan Anak Panti Raksa Putra

 

————————————————————————————

SPESIAL THANKS TO

DIVISI PENGABDIAN MASYARAKAT & PANITIA RABBANI 2017

Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *