RAPAT KERJA PENGURUS AWARDEE LPDP IPB 2017/2018

“Menanam Cita: Merangkai Kerja Nyata dalam Bingkai Sinergi dan Profesionalitas”

Pengurus Awardee LPDP IPB kini mulai memasuki rezim kerja nyata. Jika sebelumnya para pengrus telah berjanji dan bersumpah untuk berkomitmen tinggi dalam 1 tahun kepengurusan, kini pengurus mulai bergerak dan mulai menyusun program kerja setiap divisi yang akan dilaksanakan. Tertanggal 27 Mei 2017 bertempat di RD. 2 Pascasarjana IPB, Pengurus Awardee LPDP IPB menggelar sidang rapat kerja yang selanjutnya disebut Rapat Kerja Pengurus Awardee LPDP IPB 2017/2018. Dengan mengusung tema Menanam Cita: merangkai kerja nyata dalam bingkai sinergi dan profesionalitas, sidang ini berlangsung khidmat mulai dari pukul 08.00 – 15.00 WIB dan dihadiri oleh 69 orang pengurus.

Registrasi Peserta  & Persiapan Rapat Kerja

    Pembukaan oleh MC

Opening ceremony menjadi penanda dimulainya acara yang dipandu oleh MC Sitti Hadijah (Ilmu Komunikasi angkatan 2016), pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Rahmansyah (Biologi Tumbuhan angkatan 2016), menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars LPDP yang dipandu oleh Saudara Melvi Reimon Manggigi Tiga, setelah itu laporan dari ketua panitia Halim Khannaz (Ilmu Kelautan angkatan 2016), kemudian sambutan dari Koordinator Awardee LPDP IPB Taufik Arianto (Bologi Tumbuhan angkatan 2016) dan sambutan oleh dewan penasehat organisasi Liky Yuliandro Ledoh (Pengelolaan Sumber Daya Lingkungan angkatan 2016) sekaligus juga membuka acara dengan resmi.

Pembacaan Ayat Suci Al-Quran dan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars LPDP

Sambutan Ketua Pelaksana dan Koordinator Awardee LPDP IPB

Sambutan Penasehat (Liky Yuliandro) Sekaligus Membuka Acara Raker

Setelah opening ceremony selesai, agenda sidang selanjutnya adalah memasuki sidang pleno. Sidang pleno rapat kerja ini terdiri dari 4 pleno. sidang pleno I dipimpin oleh presidium sidang sementara yaitu Muhlis (Akuakultur angkatan 2016), Rifatul Adabiyah (Biologi Tumbuhan angkatan 2016) dan Harlisa (Teknologi Perikanan Laut angkatan 2016) dan sidang pleno II-IV dipimpin oleh presidium sidang tetap yaitu Muhammad Pramujo (Ilmu Nutrisi Pakan angkatan 2016), Heder Djamaludin (Biokimia angkatan 2016) dan Keumala Fadhila (Agribisnis angkatan 2016).

Presidium Sementara dan Presidium tetap

Agenda sidang pleno I yaitu membaca dan mengesahkan agenda sidang dan tata tertib sidang serta memilih dan mengesahkan presidium sidang tetap. Kemudian agenda sidang pleno II yaitu sidang komisi dan pengesahan hasil sidang komisi. Pada sidang ini, setiap divisi dan BPH inti dipersilahkan untuk mempresentasikan program kerja usulan ke peserta sidang. Setiap koordinator divisi secara bergantian mempresentasikan program kerjanya dan setelah itu akan didiskusikan lagi dengan para peserta, tidak lupa pula mereka memperkenalkan jargon-jargon divisi masing-masing.

Suasana Rapat Kerja

Divisi pertama adalah divisi Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa yang diwakili oleh Dwi Apriyani (Agribisnis angkatan 2016). Divisi ini berfokus kepada advokasi dan pendampingan awardee yang memiliki masalah akademik maupun non akademik yang sekiranya bisa menghambat studi, sehingga divisi ini mengajukan lima program kerja yaitu Monitoring Akademik, Sistem Pelaporan Koordinator Departemen, Kelengkapan Dana Kesejahteraan, Problem Solving Centre dan Sharing and Caring Awardee.

Divisi Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa

(Tagline: ”Siap Melayani, Awardee Sejahtera Kami Bahagia’‘)

Divisi kedua adalah divisi Pengabdian Masyarakat yang diwakili oleh Nurkhalis (Manajemen Ekowisata dan Jasa Lingkungan angkatan 2016). Divisi ini merupakan divisi yang berfokus kepada kegiatan eksternal dan aksi nyata di lingkungan sekitar kampus, divisi ini mengajukan empat program kerja yaitu Green City, Kunjungan ke Panti Asuhan, Riset Aksi dan Aksi Cepat Tanggap.

Divisi Pengabdian Masyarakat

(Tagline: Kami Ada  untuk Mengabdi”)

Divisi ketiga adalah divisi Minat dan Bakat yang diwakili oleh Anggra Alfian (Biologi Tumbuhan angkatan 2016). Sebagai divisi yang menjadi wadah bakat awardee dan bersifat non akademik, divisi ini merancang tujuh program kerja yang menyenangkan yaitu Direktur Cup, Sabtu Asik,  Fun Futsal, Art of Awardee,  Jelajah Nusantara, Awardee on Lens dan Awardee Tournamnet.

Divisi Minat dan Bakat

(Tagline: Total dan Bahagia”)

Divisi keempat adalah divisi Eksternal, Komunikasi dan Informasi yang diwakili oleh JN. Riasal Haq (Biologi Tumbuhan angkatan 2016). Divisi ini menjadi ujung tombak atas citra Awardee LPDP IPB di eksternal organisasi dan memastikan persebaran informasi di kalangan internal, divisi ini merancang tujuh program kerja yang akan mempromosikan citra baik organisasi yaitu Sosialisasi beasiswa LPDP, Manage Social Media Awardee LPDP IPB, Pembuatan Buku Angkatan pengurus 2017/2018, Membangun Relasi dan Kerjasama dengan Organisasi/Stakeholder yang relevan, Pelatihan Visual Design dan Fieldtrip.

 

Divisi Eksternal, Komunikasi dan Informasi

(Tagline: IMUT ”Inspiratif dan Up to Date”)

Divisi kelima adalah divisi Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Manusia yang diwakili oleh Melvi Reimon Mangngi Tiga (Pengelolaan Sumber Daya Lingkungan angkatan 2016). Sebagai divisi yang berfokus kepada pengembangan akademik dan kapasitas pengurus, divisi ini merancang lima program kerja yaitu Gathering (peringatan hari besar keagamaan dan Gathering bersama Awardee Baru 2017), Upgrading pengurus, Workshop Entrpreneur, Pengembangan Akdemik (Overview Statistik dan Academic Writing) dan Diskusi Ilmiah.

 

Divisi Pengembangan Akdemik dan Sumber Daya Manusia

(Tagline: “BAPER “Bawa Perubahan”)

Pemaparan terakhir adalah dari Badan Pengurus Harian (BPH) inti yang diwakili oleh Taufik Arianto. Dalam Pemaparanya Taufik selaku Koordinator Awardee LPDP IPB menjelaskan diantaranya mengenai beberapa program kerja rekomendasi dari kepengurusan sebebelumnya yang sudah siap dijalankan dan telah diamanahkan ke setiap divisi seperti Pengolahan Data Base Awardee dan Alumni, Knowledge Management of Awardee’s Achievment (data base prestasi awardee), Forum Administrasi dan mengenai iuran wajib pengurus dan awardee LPDP IPB secara keseluruhan.

 

Tagline: “BPH KECHe” (Kreatif, Cakap dan Humble)

Proses Persidangan

Setelah pemaparan program kerja setiap divisi dan BPH, masuk pada sidang pleno III presidum sidang membacakan konsideran pengesahan program kerja dan rekomendasi serta menetapkan Berita Acara Rapat Kerja. Kemudian memasuki sidang pleno IV yang merupakan penutupan sidang yang ditutup secara resmi oleh penasehat organisasi. Sidang rapat kerja pun ditutup dengan doa yang sangat menyentuh yang dibawakan oleh Rahmansyah.

 

Doa

BIG THANKS TO:

Steering Commitee (Muhlis)

Panitia dan Pengurus Awardee LPDP IPB 2017/2018

(“1 VISI 1 MISI, MEMBANGUN NEGERI”)

“Klik untuk Mengunduh Time Schedule”TIME SCHEDULE PROKER AWARDEE LPDP IPB 2017

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *