SILATURAHIM AWARDEE LPDP IPB

Kami duduk sembari mendengar nasehat dari ayahanda Eko Prasetyo  dengan penuh khidmat sesekali diselingi guyonan dari beliau. Suasana hangat dan bahagia begitu terasa dalam kunjungan silaturahim ini.

Suasan kunjungan Awardee LPDP IPB

Minggu, 6 Agustus 2017 pukul 09.00 WIB, rombongan Awardee LPDP IPB tiba di kediaman ayahanda Eko Prasetyo. Dengan setelan baju polo abu-abu, wajah ramah dan senyum hangat beliau menyambut kami dan mempersilakan kami masuk ke dalam rumah.

Beberapa bulan setelah dilantik, ini merupakan kunjungan pertama kali yang dilakukan oleh pengurus Awardee LPDP IPB dengan tujuan mempererat silaturahim dengan ayahanda Eko Prasetyo sebagai Direktur Utama LPDP. Selain itu, kunjungan ini dijadikan sarana untuk konsultasi terkait kemajuan akademik, studi maupun sharing  pengalaman para Awardee LPDP IPB.

Taufik Arianto sebagai Koordinator Awardee LPDP IPB membuka pembicaraan dengan menyampaikan tujuan kunjungan hari ini kemudian dilanjutkan dengan pengenalan setiap Awardee yang hadir. Proses perkenalan dilakukan per divisi dimana ketua divisi memperkenalkan anggota divisinya dan memberi gambaran kepada beliau mengenai tugas setiap divisi dan program kerja yang akan dilakukan. Dimulai dari divisi Minat dan Bakat (Anggra Alfian dan anggota), Ekskominfo (JN. Raisal Haq dan anggota), Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Dwi Apriyani dan anggota), PASDM (diwakili Arfina Sukmawati Arifin dan anggota) dan terakhir divisi Pengabdian Masyarakat (diwakili Fauzi Abdillah dan anggota). Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan Sekretaris (Abdurrahman B) dan Bendahara (Sharfina Maulidiyanti) serta dari tim penasehat yang diwakili oleh Liky Yuliandro Ledoh.

Secara bergantian beliau menanyakan asal daerah dan program studi setiap awardee yang hadir serta bernostalgia jika daerah asal awardee yang bersangkutan pernah dikunjungi oleh beliau. Sambil bercerita santai mengenai hal tersebut beliau tak lupa menyampaikan nasehat-nasehat yang membangun.

Ayahanda Eko sangat antusias mendengarkan paparan program kerja yang akan dilaksanakan oleh para pengurus, termasuk yang menjadi perhatian utama beliau adalah kelancaran studi para awardee. Divisi Adokasi dan Kesejahteraan banyak mendapat masukan dari beliau, tak terkecuali juga divisi lain. Beliau juga berpesan bahwa para Awardee tidak perlu sungkan jika memiliki masalah terkait studi dan beasiswanya untuk bercerita kepada beliau.

Ayahanda Eko Prasetyo bercengkrama dengan Awardee

Ayahanda Eko memberi nasehat kepada para Awardee

Beliau mengingatkan agar setiap Awardee LPDP IPB untuk tetap menjaga nilai-nilai LPDP yang selama ini ditanamkan sejak program Persiapan Keberangkatan dan tetap menjalin komunikasi antarsesama. Hal ini bertujuan untuk membangun dan mengembangkan jaringan antar awardee jika sudah menyandang titel Alumni LPDP. Beliau mengingatkan bahwa Awardee LPDP IPB bukan hanya eksklusif tapi juga inklusif, bergaul dengan siapa saja dan menunjukkan bahwa Awardee LPDP IPB itu berprestasi.

Salah satu pesan yang disampaikan beliau ketika divisi Minat dan Bakat membahas mengenai program kerja Tournamen Futsal Awardee Se-Indonesia, beliau meminta agar program kerja yang tersebut dikemas secara apik dan epik, dengan nama yang berbeda dari turnamen lainnya yang dapat menunjukkan karakter atau value. Kemudian saat divisi Pengabdian Masyarakat menyampaikan program kerja Green City II yang akan diselenggarakan di sekitar kompleks kediaman beliau. Ayahanda Eko memberikan tantangan untuk melaksanakan penyuluhan kepada warga mengenai tata cara penanaman pohon yang baik, karena dalam waktu dekat ini beliau dan warga sekitar akan melakukan kegiatan penanaman pohon di sekitar Tempat Pembuangan Sampah (TPS) kompleks.

Kunjungan ke lokasi penanaman pohon

Ayahanda Eko Prasteyo membaur

Kunjungan hari ini diakhiri dengan kegiatan foto bersama Ayahanda Eko. Selain itu, beliau juga menemani para rombongan untuk mengunjungi lokasi yang akan dilakukan kegiatan penyuluhan. Salut buat beliau, disela waktu sibuk, beliau masih memperhatikan lingkungan sekitar dan berinisiatif mengajak masyarakat untuk berpartisipasi. Silaturahim ini selain menguatkan ikatan antara seorang “Ayah” dan “Anaknya”, juga memberikan banyak pelajaran salah satunya mengenai keteladanan dan kesederhanaan beliau.

Foto bersama dengan Ayahanda Eko Prasetyo

 

 

Spesial thanks to:

Ayahanda Eko Prasetyo

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *