Sukses Terbesar dalam Hidupku: Bermanfaat Bagi Orang Lain Itulah Kesuksesan

Sebelum membaca, sedikit kami berikan informasi bahwa
Artikel ini adalah murni karya dari awardee LPDP IPB. Kami sebarluaskan karya ini secara gratis karena banyak oknum-oknum yang memanfaatkan peluang untuk mencari keuntungan dari salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa LPDP. Karya ini kami sebarluaskan agar bisa menjadi amal jariyah kami, dimana bisa menginspirasi teman-teman pembaca dan membantu mendapatkan beasiswa LPDP. Jika artikel ini disebarluaskan dengan dipungut biaya, kami dan penulis tidak akan meridhoi sehingga uang yang diterima tidak barokah. Sekian dari kami terima kasih sudah berkunjung.

Oleh:
Hasniar
Facebook
niar

Ketika saya duduk dibangku sekolah dasar saya ikut aktif sebagai perwakilan sekolah dalam mengikuti kegiatan cerdas cermat yang diperlombakan antar sekolah dalam tingkat kecamatan. Alhamdulillah ketika saya duduk di bangku SMA kelas 1 saya mendapatkan juara umum 3 yang akhirnya menjadikan saya ikut bergabung pada kelas unggulan. Pada saat SMA saya mendapat rangking satu dikelas yang menjadikan saya sebagai salah satu perwakilan sekolah yang berkesempatan mengikuti pendaftaran jalur undangan menuju perguruan tinggi. Saya adalah salah seorang dari dua pendaftar yang dinyatakan lulus, dengan berbekal beasiswa bidik misi  saya berhasil menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi negeri. Dengan menempuh pendidikan dengan jurusan Teknologi Pertanian di Universitas Hasanuddin selama 3 tahun 5 bulan saya akhirnya dapat duduk di antara para wisudawan dengan didampingi kedua orang tua, dan mendapat kesempatan membanggakan kedua orang tua saya. Dengan berbekal beasiswa bidik misi seorang mahasiwa dari anak seorang petani dapat menyelesaikan pendidikan pada jenjang perguruan tinggi dengan IPK 3,57.

Selama proses perkuliahan saya memilih untuk tinggal di pondokan yang sederhana hanya dengan biaya sewa pondokan hanya delapan ratus ribu rupiah selama satu tahun, dengan demikian saya bisa menabung, selang beberapa waktu akhirnya saya berhasil mengumpulkan tabungan sebesar tiga juta rupiah saya akhirnya bisa membelikan ayah saya seekor sapi yang akhirnya dijual ketika saya memutuskan untuk kursus bahasa inggris di kediri agar mendapatkan skor TOEFL sebagai salah satu persyaratan untuk mendaftar beasiswa Afirmasi Bidik Misi S2.

Namun berbicara tentang kesuksesan bukanlah seberapa besar saya berhasil dalam menempuh proses belajar dari sekolah dasar hingga ke jenjang perguruan tinggi, kesuksesan saya lebih kepada sejauh mana saya dapat memberikan manfaat kepada orang lain, dan sejauh mana keberadaan saya dapat menjadikan kebaikan bagi orang di sekitar saya. Salah satu kegiatan saya saya lakukan adalah dengan menjadi asisten dosen pada mata kuliah perbengkelan pertanian dengan kegiatan ini saya dapat berbagi ilmu yang saya dapatkan. Kemudian saya bergabung sebagai petugas pencacah dalam kegiatan Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) 2015 di Kabupaten Bone. Dimana kegiatan ini untuk mempertajam penetapan rumah tangga sasaran program perlindungan sosial, sehingga dengan data yang akurat maka tidak terjadi ketidak tepatan sasaran penerimaan bantuan. Melalui data tersebut akan digunakan sebagai dasar dalam pemberian berbagai bantuan perlindungan sosial. Saya terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan data keluarga yang akurat dengan sasaran rumah tangga yang berpenghasilan rendah, dan salah satu rumah tangga sasaran adalah dari keluarga saya sendiri, mengunjungi setiap rumah tangga sasaran membuat saya mendapat banyak informasi banyaknya anak yang terpaksa mengubur mimpinya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dikarenakan persoalan biaya. Sehingga saya berkesempatan berbagi informasi dan pengalaman bahwasanya saya salah satu contoh yang berasal dari keluarga tidak mampu namun dapat menempuh pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dengan beasiswa bidik misi.

Saya memberikan pemahaman bahwa anak dari keluarga tidak mampu juga berkesempatan untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi dari hanya sebatas bersekolah pada tingkat SMA. Dengan menjadi contoh penerima bidik misi dan dapat berbagi pengalaman kepada orang lain, dan memberi manfaat kepada orang lain adalah merupakan kesuksesan tersendiri bagi saya, semakin banyak manfaat yang saya sebarkan pada orang lain disanalah saya merasakan kesuksesan itu, jadi kesuksesan bagi saya adalah sejauh mana saya bermanfaat bagi orang lain.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *